Cara Mencegah Terjadinya Ruam Popok Pada Bayi

Kulit bayi memang sangat sensitif jadi harus benar benar diperhatikan oleh orang tua, jika tidak maka dapat menimbulkan banyak keluhan yang dapat menganggu kenyamanan bayi seperti salah satunya ruam popok yang merupakan sebuah peradangan kecil pada kulit bayi yang diawali dengan muncul warna kemerahan pada bagian bokong  ataupun perut bagian bawah dekat selangkangan.



Bayi yang memakai popok bisa dipastikan pernah mengalami ruam popok, terlebih jika orang tua-nya tidak begitu paham dalam memilih jenis popok yang cocok untuk bayi, apakah itu popok sekali pakai ataupun popok kain, benar benar harus diperhatikan karena yang penting kondisi kulit bayi harus selalu kering dan tidak boleh terlalu lama terkena urine ataupun tinja.

Pencegahan Supaya Tidak Terkena Ruam Popok

Sebenarnya cara mencegah supaya kulit bayi tidak mengalami ruam cukup sederhana yakni dengan selalu menjaga kulit bayi terutama di daerah bokong selalu bersih dan kering. Jadi orang tua harus melakukan tindakan pencegahan seperti segera manganti popok ketika sudah kotor, terlebih ketika bayi selesai buang air besar. Selain itu jangan lupa bersihkan bagian kulit bayi yang sebelumnya terkena urine atau kotoran sampai bersih dan tidak berbau lagi.

Para orang tua juga harus bijak dengan tidak selalu memberikan popok kepada bayi, karena kulit juga perlu “bernafas”, jadi pemakaian popok jangan terlalu sering dan usahakan hanya ketika sedang keluar rumah ataupun menjelang tidur malam. Dengan demikian peluang terjadinya ruam popok semakin kecil dan jarang.

Selain itu orang tua juga harus menyesesuaikan ukuran popok, apakah terlalu longgar atau terlalu ketat, jika terlalu ketat maka bisa menyebabkan ruam kemerahan jadi berikan popok dengan ukuran yang paling pas buat bayi anda. Begitu juga ketika hendak mandi, gunakan sabun Zwitsal karena memiliki busa yang lembut sehingga tidak akan merusak kulit bayi.

Jika bayi anda terkena ruam popok maka dapat mengatasinya dengan memberikan krim atau salep pencegah iritasi kulit yang mengandung Zinc oxide setiap selesai mengantikan popok, berikan terus hingga ruam popok benar benar hilang dan jika memungkinkan jangan beri popok selama masa penyembuhan.

0 Response to "Cara Mencegah Terjadinya Ruam Popok Pada Bayi"

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang bijak, sopan dan bertanggung jawab. Dengan berkomentar, otomatis blog anda akan mendapatkan backlink dengan Rel = Dofollow, karena blog ini Dofollow + Auto Approve. Terimakasih atas perhatiannya.