Peran Ayah terhadap Perkembangan Anak

Keluarga adalah tempat pertama bagi kita untuk bersosial dan belajar. Didalam kelurga terdapat ayah dan ibu yang memiliki peran sangat penting, terutama bagi perkembangan anak. Kecerdasan emosional maupun kecerdasan koqnitif sedikit atau banyak dipengaruhi oleh keluarga. Mendidik anak dengan baik, sama halnya dengan menjamin perkembangan anak yang baik pula.



Ayah dan ibu saling melengkapi dan tidak terpisahkan. Kenapa begitu?, karena karakter ayah dan ibu pasti berbeda. Ada sisi dimana seorang ibu tidak dapat menjadi seorang ayah sekaligus. Bukan hanya dalam segi ekonomi, dalam arti sebagai pemenuh kebutuhan keluarga. Tapi sebagai pembentuk karakter anak dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan sangat diperlukan peran ayah

Ayah harus memiliki peran ganda, yaitu sebagai orang tua dan sebagai teman. Selain itu ayah harus memiliki beberapa kemampuan, yaitu:

1.      Sebagai sumber pengetahuan
Kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh ayah ada baiknya ditransfer kepada anak. Selain itu, ayah harus mampu memelihara munculnya rasa ingin tahu anak.
 
2.      Sebagai pelindung
Ayah harus mampu melindungi anak sejak lahir hingga dewasa. Tapi yang paling penting adalah ayah harus mampu mengajarkan anak bagaimana cara melindungi diri sendiri, karena ayah tidak selalu berada disamping anak.

3.      Ayah harus bisa menjadi partner ibu
Ayah tidak hanya mendukung keputusan ibu, tapi ayah memiliki hak dan tanggung jawab yang sama seperti ibu

0 Response to "Peran Ayah terhadap Perkembangan Anak"

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang bijak, sopan dan bertanggung jawab. Dengan berkomentar, otomatis blog anda akan mendapatkan backlink dengan Rel = Dofollow, karena blog ini Dofollow + Auto Approve. Terimakasih atas perhatiannya.