Tips Hemat Listrik, Hindari 4 Kebiasaan Boros Ini!

Tips Hemat Listrik - Besarnya penggunaan listrik di rumah tangga bisa dikarenakan banyaknya peralatan yang memakan banyak daya sehari-hari, seperti kulkas, mesin cuci, AC, dll. Namun selain peralatan elektronik, kebiasaan boros menjadi tersangka utama tagihan listrik Anda membengkak. Dalam tips menghemat listrik ini, Anda akan mengetahui berbagai kebiasaan boros yang Anda lakukan, entah sadar atau tidak.

Inilah beberapa kebiasaan yang menyebabkan tagihan listrik Anda lebih besar daripada seharusnya:


· Membiarkan lampu menyala di siang hari dan saat tidur

Siapa yang tidak mau repot mematikan lampu di siang hari dan saat tidur malam? Padahal kebiasaan ini buruk bagi kesehatan. \

· TV terus menyala Ditonton atau tidak,

Anda membiarkan televisi terus menyala, bahkan ketika Anda tidur. Biasanya karena alasan tidak tenang jika tidak ada suara TV.

· Menyalakan AC sekaligus membuka pintu dan jendela

Jika pendingin ruangan ini menyala, sebaiknya segera tutup pintu dan jendela agar suhu merata dan AC tidak memakan daya banyak.

· Tidak mencabut steker 

Ketika Anda sudah selesai menggunakan peralatan elektronik, Anda tidak mencabutnya. Padahal jika tidak, masih ada aliran listrik yang terus mengalir, diam-diam membuat tagihan bertambah. Apakah Anda familiar dengan kebiasaan-kebiasaan di atas? Bahkan mungkin sering melakukannya? Jika iya, ini saatnya Anda menghentikannya. Melakukan hal kecil seperti itu ternyata bisa memiliki efek yang cukup besar dalam menghemat. Tips hemat listrik lain yang bisa Anda lakukan di rumah adalah: 

· Sambung saja daya listrik ke PLN sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika pemakaian listrik tidak melebihi 900VA, maka Anda tidak perlu 1.300VA.

· Rawat peralatan elektronik Anda, semakin baik kondisinya, semakin efektif pula mereka bekerja.


· Jangan gunakan semua peralatan tersebut bersamaan, tetapi gantian.


· Segera matikan dan cabut kabelnya jika sudah tidak perlu. 

Masih banyak tips hemat listrik lain untuk rumah tangga yang bisa Anda lakukan, seperti mengganti lampu rumah dengan LED, memaksimalkan cahaya alami, mengganti TV tabung dengan TV LCD yang lebih efisien, mencuci baju dengan tangan, dll. Mulailah ubah kebiasaan boros Anda sekarang, dan lihatlah tagihan listrik Anda menurun lebih dari 50%. Sekian informasi yang saya berikan tips hemat listrik.

0 Response to "Tips Hemat Listrik, Hindari 4 Kebiasaan Boros Ini!"

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang bijak, sopan dan bertanggung jawab. Dengan berkomentar, otomatis blog anda akan mendapatkan backlink dengan Rel = Dofollow, karena blog ini Dofollow + Auto Approve. Terimakasih atas perhatiannya.